MAKALAH
TEKNOLOGI DDREM SEBAGAI PENDETEKSI SOPIR MENGANTUK
D
S
U
S
U
N
OLEH :
NAMA : IQBAL YUSUF
KELAS : XI TKR 2
GURU PEMBIMBING :
MAULANA PASARIBU
SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN
T.A 2019/2020
KATA
PENGANTAR
Puji syukur alhamdulillah
kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena telah melimpahkan
rahmat-Nya berupa kesempatan dan pengetahuan sehingga makalah ini bisa selesai
pada waktunya.
Terima kasih juga kami
ucapkan kepada teman-teman yang telah berkontribusi dengan memberikan
ide-idenya sehingga makalah ini bisa disusun dengan baik dan rapi.
Kami berharap semoga
makalah ini bisa menambah pengetahuan para pembaca. Namun terlepas dari itu,
kami memahami bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, sehingga kami
sangat mengharapkan kritik serta saran yang bersifat membangun demi terciptanya
makalah selanjutnya yang lebih baik lagi.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .............................................................
i
DAFTAR ISI .............................................................
i
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang .............................................................
1
B.
Rumusan Masalah .............................................................
2
BAB II PEMBAHASAN
A.
Teknologi Departed Driver Rescue and Exit Maneuver (DDREM) ............. 3
B.
Kegunaan Departed Driver Rescue & Exit Maneuver (DDREM)
................. 5
C.
Langkah Kerja Departed Driver Rescue & Exit Maneuver (DDREM) .........
5
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan .............................................................
10
B.
Saran .............................................................
10
DAFTAR PUSTAKA .............................................................
11
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Penggunaan teknologi oleh
manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana.
Penemuan prasejarahtentang
kemampuan mengendalikan api telah menaikkan ketersediaan sumber-sumber pangan, sedangkan
penciptaan roda telah
membantu manusia dalam bepergian dan mengendalikan lingkungan mereka.
Perkembangan teknologi terbaru, termasuk di antaranya mesin cetak, telepon, dan Internet, telah
memperkecil hambatan fisik terhadap komunikasi dan
memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global.
Tetapi, tidak semua teknologi digunakan untuk tujuan damai.
Teknologi telah
mempengaruhi masyarakat dan
sekelilingnya dalam banyak cara. Di banyak kelompok masyarakat, teknologi telah
membantu memperbaiki ekonomi (termasuk ekonomi global masa kini) dan telah
memungkinkan bertambahnya kaum senggang.
Banyak proses teknologi menghasilkan produk sampingan yang tidak dikehendaki yang
disebut pencemar dan menguras sumber daya alam, merugikan, dan
merusak Bumi dan lingkungannya. Berbagai macam penerapan
teknologi telah memengaruhi nilai suatu masyarakat dan teknologi
baru seringkali mencuatkan pertanyaan-pertanyaan etika baru. Sebagai contoh:
meluasnya gagasan tentang efisiensi dalam
konteks produktivitas manusia, suatu istilah yang pada awalnynya hanya
menyangkut permesinan. Contoh lainnya adalah tantangan norma-norma tradisional.
Bahwa keadaan ini membahayakan
lingkungan dan mengucilkan manusia. Penyokong paham-paham seperti transhumanisme dan tekno progresivisme
memandang proses teknologi yang berkelanjutan sebagai hal yang menguntungkan
bagi masyarakat dan kondisi manusia. Tentu saja, paling sedikit hingga saat ini
diyakini bahwa pengembangan teknologi hanya terbatas bagi umat manusia, tetapi
kajian-kajian ilmiah terbaru mengisyaratkan bahwa primata lainnya
dan komunitas lumba-lumba tertentu telah mengembangkan alat-alat sederhana
dan belajar untuk mewariskan pengetahuan mereka kepada keturunan mereka.
B. Rumusan Masalah
1.
Teknologi
Departed Driver Rescue and Exit Maneuver (DDREM)
2.
Kegunaan Departed Driver Rescue & Exit Maneuver (DDREM)
3.
Langkah Kerja Departed Driver Rescue & Exit Maneuver (DDREM)
BAB II
PEMBAHASAN
A. Teknologi
Departed Driver Rescue and Exit Maneuver (DDREM)
Teknologi Departed Driver Rescue and Exit Maneuver
(DDREM) mendeteksi situasi kritis di mana pengemudi berangkat dari
mengendalikan kendaraan dan kemudian mengurangi risiko kecelakaan dengan
mengambil kendali kendaraan dan mengarahkannya ke tempat yang aman. Situasi
yang akan diaktifkan termasuk tertidur, menderita serangan jantung atau
mengalami kondisi kesehatan lain yang mencegah pengemudi dari mengoperasikan
kendaraan.
Departed Driver Rescue & Exit Maneuver (DDREM)
dikembangkan Hyundai Mobis, anak perusahaan Hyundai Motor Company yang
memproduksi komponen serta mengembangkan sistem untuk produk mobil Hyundai.
Teknologi ini memungkinkan mobil untuk menepi otomatis
jika pengemudi terindikasi mengantuk atau tertidur. DDREM terdiri dari beberapa
langkah :
1. Pertama, kamera inframerah yang memindai pergerakan
wajah serta mata guna menentukan apa pengemudi menatap ke depan, mengubah pola
berkedip hingga menunjukkan tanda kantuk lain.
2. Kedua, teknologi ini mendeteksi pergerakan mobil. Jika
pengemudi bergerak masuk atau keluar dari jalur, melintasi jalur dengan
zig-zag, hingga membuat gerakan mengemudi yang tak konsisten seperti
seseorang yang mengantuk.
3. Ketiga, sistem DDREM memastikan bahwa si pengemudi
benar-benar mengantuk atau tertidur, maka sistem ini akan bekerja serta
langsung terintegrasi dengan sistem dan perangkat lainnya, termasuk GPS, radar,
kamera, hingga sistem pengereman juga power steering elektronik. Tujuannya
yaitu mengambil alih kemudi otomatis guna mencari tempat yang aman kemudian
berhenti.
Teknologi DDREM dirancang untuk berjalan di latar
belakang kendaraan dan, seperti kontrol stabilitas, kantung udara, dan sabuk
pengaman, teknologi otonom level 4 hanya akan aktif setelah mendeteksi situasi
kritis. Konsep MOBIS bertujuan untuk mencegah lebih dari 90 persen kecelakaan
departemen-pengemudi, "namun biayanya jauh lebih murah dan lebih mudah
untuk diverifikasi daripada sistem otonom berbasis layanan, yang bisa
bertahun-tahun dari produksi," kata perusahaan itu. Setelah meninjau
beberapa studi independen dari wilayah Amerika Utara, MOBIS percaya bahwa
kematian akibat skenario pengemudi yang sudah meninggal mendekati 7.000 per
tahun. Implementasi teknologi DDREM bisa menyelamatkan 6.000 atau lebih nyawa.
"Teknologi otonom sebagai layanan sedang dikejar
secara agresif oleh banyak perusahaan otomotif dan teknologi, tetapi mungkin
bertahun-tahun sebelum solusi rumit ini tersedia untuk pasar," kata David
Agnew, direktur teknik canggih, MOBIS Amerika Utara. "Pendekatan MOBIS
adalah untuk menarik potensi keselamatan yang luar biasa dari teknologi otonom
ke garis depan pasar dan untuk secara drastis mengurangi masalah yang sedang
terjadi dari kecelakaan pengemudi yang berangkat."
Dengan memfokuskan upayanya pada fungsi otonom khusus
keselamatan, MOBIS memudahkan tantangan rekayasa menempatkan fungsi otonom di
jalan. "Berkurangnya kompleksitas teknologi ini akan memungkinkan adopsi
industri lebih cepat, pada akhirnya memberikan peningkatan keamanan kendaraan
di kendaraan konsumen lebih cepat daripada nanti," kata perusahaan itu.
MOBIS telah mulai berkolaborasi dengan lembaga-lembaga
utama pemerintah Amerika Utara untuk berbagi konsep dan mempelajari metrik
kinerja yang diidentifikasi yang penting untuk mempercepat penyebaran DDREM.
Selain itu, sementara fase penelitian lanjutan dari teknologi terus berlanjut,
perusahaan sedang mengerjakan pengaturan kolaborasi untuk bermitra dengan
produsen mobil global.
"MOBIS terus membuat langkah signifikan menuju
memajukan masa depan industri mobilitas," kata Agnew. "Kami bertujuan
untuk mengoptimalkan kinerja kendaraan, menciptakan pengalaman konsumen yang
lebih aman, lebih menyenangkan dan membawa keahlian teknik kami ke garis depan
pasar."
Pada 12 Juli 2017, di Semicon West di San Francisco,
Agnew akan mempresentasikan tentang percepatan teknologi otonom untuk misi
khusus keselamatan sebagai bagian dari sesi "Otomotif Cerdas 1: Masa Depan
Mobil Pintar & Berkendara Berkendara Sendiri". Presentasi Agnew akan
berlangsung pada pukul 12:15 malam. di Moscone North TechXPOT.
B. Kegunaan Departed Driver Rescue & Exit Maneuver (DDREM)
Kegunaan perancangan alat pendeteksi kantuk dalam mobil ini adalah untuk mengurangi jumlah korban kecelakaan akibat pengemudi mengemudikan kendaraannya dalam keadaan mengantuk. Alat ini bisa mengurangi jumlah korban kecelakaan lalu lintas karena sistem yang akan dibuat memiliki keluaran berupa buzzer yang secara cepat akan membangunkan pengemudi. Apabila pengemudi sudah bangun maka pengemudi dapat mengontrol laju dan arah kendaraannya seperti semula. Saat buzzer dibangkitkan maka lampu sein belakang juga akan menyala sehingga dapat menambah kewasapadaan pada kendaraan yang ada di belakangnya. Dari segi ekonomi, berkurangnya tingkat kecelakaan akan berdampak pula pada berkurangnya kerugian akibat kerusakan kendaraan dan lainnya. Jadi bila kecelakaan berkurang maka kerugian finansial juga akan berkurang dan polisi pun akan lebih mudah dalam menanggulangi kecelakan.
C. Langkah Kerja Departed Driver Rescue & Exit Maneuver (DDREM)
DDREM menggunakan tiga pengidentifikasi untuk menentukan apakah pengemudi berisiko dan membandingkan tindakan pengemudi dengan database insiden mengemudi yang mengantuk. meliputi:
1. Kamera inframerah memindai gerakan wajah dan mata pengemudi untuk menentukan apakah pengemudi terus menatap ke depan, mengubah pola yang berkedip, atau menunjukkan tanda-tanda kantuk lainnya. Kamera yang digunakan oleh Mobis telah diuji dan dapat "melihat" melalui kacamata.
2. Teknologi ini mencari pengidentifikasi utama yang digunakan dalam sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut (ADAS) —jika pengemudi bergerak masuk dan keluar jalur, melintasi jalur, zig-zag, atau membuat gerakan tidak menentu yang konsisten dengan kecelakaan mengemudi yang mengantuk.
3. Jika DDREM menentukan bahwa pengemudi telah tertidur, ia mentransisikan kontrol kendaraan ke mode mengemudi otonom level 4. Perangkat lunak ini menggunakan perangkat keras kendaraan yang sudah ditemukan pada sebagian besar mobil baru — termasuk rem elektronik, setir daya listrik, radar, dan sistem kamera — serta pemetaan dasar dan GPS untuk mengidentifikasi tempat yang aman bagi kendaraan untuk menepi dan berhenti. Dalam kebanyakan kasus "penyelamatan", DDREM hanya perlu berfungsi dalam mode otonomi penuh kurang dari satu mil, meminimalkan paparan dan kompleksitas sistem mengemudi sendiri.
Karena DDREM semata-mata berfokus pada penggunaan pengendaraan otonom untuk menyelamatkan nyawa, alih-alih sebagai teknologi kenyamanan, perusahaan mengatakan solusinya dapat diperkenalkan pada kendaraan baru di seluruh OEM jauh lebih cepat dan hemat biaya.
Pengembangan DDREM saat ini memiliki peran terbatas dalam mendeteksi dan menyelamatkan dalam menanggapi mengemudi mengantuk, tetapi perusahaan berencana untuk meneliti dan mengembangkan konsep untuk beroperasi dalam situasi kritis lainnya, termasuk insiden medis seperti kejang, pingsan, dan henti jantung. Seiring kemajuan teknologi otonom, kemampuan DDREM dapat mencakup memandu kendaraan secara langsung ke rumah sakit terdekat jika terjadi keadaan darurat medis.
Selain DDREM, Hyundai Mobis akan memamerkan teknologi baru dalam otonom mengemudi, teknologi hijau, dan infotainment di CES, termasuk modul e-corner, roda kemudi pop-up, dan sekretaris virtual hologram. Pengunjung akan dapat mengalami teknologi ini melalui berbagai metode, termasuk video, kendaraan demonstrasi, dan AR
Jumlah kecelakaan yang disebabkan oleh pengendara mengantuk terus mengalami peningkatan. Adapun insiden karena kelalaian pengemudi ini menyebabkan fatalitas cukup tinggi di Amerika Serikat.
Guna mengantisipasi permasalahan tersebut, Hyundai Mobis mengenalkan Departed Driver Rescue & Exit Maneuver (DDREM). Sistem ini mengandalkan kamera infrared untuk memantau muka dan pergerakan mata dari pengemudi. Inovasi tersebut dapat melihat gerak-gerik pengemudi yang menunjukkan indikasi mengantuk.
Teknologi ini juga dapat berfungsi sebagai asisten, ketika pengemudi keluar jalur atau membuat gerakan tidak semestinya akibat mengantuk. Komputer dapat melakukan intervensi dan mengambil alih kendali kendaraan, untuk menepi dan berhenti.
Menariknya adalah sistem ini menggunakan hardware yang sudah bisa ditemukan, pada semua kendaraan terbaru dari produsen asal Korea tersebut. Perangkat tersebut mencakup power steering elektrik, sensor radar, dan GPS.
Berkat perangkat canggih tersebut, pengendara hanya perlu mengaktifkan mode otonom untuk menempuh perjalanan jarak dekat. Sistem ini diklaim lebih simpel daripada mobil otonom sebenarnya yang sangat kompleks.
Pihak Hyundai Mobis menyatakan bahwa teknologi yang mereka ciptakan baru akan siap digunakan pada 2020. Konsumen hanya perlu menambahkan satu unit kamera inframerah pada kendaraannya. Dikatakan hanya dengan menambahkan satu perangkat kecil, namun bisa sangat berguna dalam mengurangi kecelakaan.
“Dengan menempatkan fokus pada segi keselamatan, kami bisa membuat mobil biasa menjadi otonom level 4. Mengembangkan teknologi jenis ini dapat menyelamatkan banyak nyawa baik pengemudi maupun penumpang,” ujar David Agnew, Director of Autonomous Vehicle Development, Hyundai Mobis North America.
Hyundai Mobis Mengumumkan Teknologi Kendaraan Otonom yang Menyelamatkan Nyawa untuk Berpotensi Menghilangkan Fatalitas Mengemudi Mengantuk.
1. Teknologi Mobis DDREM mendeteksi ketika pengemudi tertidur dan mulai meninggalkan jalan dan secara mandiri mengarahkan kendaraan ke tempat yang aman
2. Teknologi ini berbasis perangkat lunak dan berpotensi menambahkan hanya satu kamera inframerah murah ke perangkat keras kendaraan untuk OEM apa pun, DDREM dapat membawa teknologi otonom terkait keselamatan khusus ke publik pada tahun 2022
3. Dengan hanya berfokus pada manfaat keselamatan otonomi, teknologi DDREM akan membawa manfaat berkendara otonom ke pasar lebih cepat dan berpotensi 'menyembuhkan' salah satu dari lima penyebab utama kematian kendaraan
Teknologi
DDREM (Departement Driver Rescue & Exit Maneuver) menggunakan tiga pos
pemeriksaan untuk menentukan apakah pengemudi mulai untuk berangkat dari peran
penggerak, dan membutuhkan bantuan. Jika keberangkatan terdeteksi, teknologi
DDREM mengambil alih kendali mengemudi, memindai lingkungan dan memandu
kendaraan ke titik pemberhentian yang aman jauh dari lalu lintas.
Sistem
Penyelamatan Pengemudi dan Exit Maneuver (DDREM) Mobis dimaksudkan untuk digunakan
ketika pengemudi tidak dapat lagi mengendalikan kendaraan. Ini dapat terjadi
sebagai akibat dari mereka tertidur, mengalami serangan jantung, atau menjadi
lumpuh di belakang kemudi.
DDREM
kemudian akan mengurangi risiko kecelakaan dengan mengambil kendali kendaraan
dan membimbingnya agar aman dari jalan. Tujuannya adalah untuk mencegah kondisi
kesehatan atau keadaan darurat dari menyebabkan kecelakaan serius, yang sering
berakibat fatal bagi pengemudi, penumpang, dan orang-orang di kendaraan lain.
Mobis
mengatakan bahwa DDREM dimaksudkan sebagai sistem keselamatan latar belakang,
mirip dengan sistem kontrol stabilitas dan kontrol traksi. Teknologi otonom
tingkat empat hanya akan aktif bila diperlukan selama situasi kritis. Mobis
mengatakan bahwa pihaknya berharap teknologi itu dapat mencegah lebih dari 90
persen kecelakaan pengemudi yang sudah berangkat, dan bahwa biayanya lebih
murah untuk menginstal daripada sistem otonom layanan penuh.
Perusahaan
mengatakan bahwa mereka memfokuskan teknologi kendaraan otonomnya pada sistem
keselamatan, bukan pada sistem yang diujicobakan sepenuhnya, agar dapat
memasarkannya lebih cepat. Mobis mengatakan bahwa berkurangnya kompleksitas
sistem keselamatan ini, serta kemudahan implementasi dan regulasi mereka, akan
berarti adopsi yang lebih cepat. Mobis bekerja sama dengan lembaga-lembaga
utama pemerintah Amerika Utara untuk tujuan itu.
DDREM
saat ini sedang dalam tahap penelitian lanjutan, kata perusahaan itu, dan
sedang dalam pembicaraan untuk perjanjian kolaborasi dengan produsen mobil
global yang belum disebutkan namanya.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Teknologi Departed Driver Rescue and Exit Maneuver
(DDREM) mendeteksi situasi kritis di mana pengemudi berangkat dari
mengendalikan kendaraan dan kemudian mengurangi risiko kecelakaan dengan
mengambil kendali kendaraan dan mengarahkannya ke tempat yang aman. Situasi
yang akan diaktifkan termasuk tertidur, menderita serangan jantung atau
mengalami kondisi kesehatan lain yang mencegah pengemudi dari mengoperasikan
kendaraan.
Penggunaan
teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi
alat-alat sederhana. Penemuan prasejarahtentang kemampuan mengendalikan api telah menaikkan
ketersediaan sumber-sumber pangan, sedangkan penciptaan roda telah
membantu manusia dalam bepergian dan mengendalikan lingkungan mereka.
Perkembangan teknologi terbaru, termasuk di antaranya mesin cetak, telepon, dan Internet, telah memperkecil hambatan fisik terhadap komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam
skala global. Tetapi, tidak semua teknologi digunakan untuk tujuan damai.
B. Saran
Penulis menyadari bahwa dalam
penulisan makalah ini masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan. Maka dari
itu penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya, kiranya kritik dan saran yang
membangun sangat penulis butuhkan untuk kesempurnaan makalah ini ke depannya.
Semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca sekalian, khususnya bagi penulis.
DAFTAR PUSTAKA
TAM Toyota Astra Motor Manual
Training Center PT. Astra Daihatsu Motor
Modul DIKLAT System Bahan Bakar Injeksi VEDC Malang
http://m-edukasi.net/online/2008/efi/sistempengontrol.html
Cheap Offers:
http://bit.ly/gadgets_cheap
1 Comments
Do this hack to drop 2 lbs of fat in 8 hours
ReplyDeleteMore than 160k women and men are losing weight with a simple and secret "liquids hack" to drop 1-2 lbs each night as they sleep.
It's painless and it works every time.
This is how to do it yourself:
1) Go grab a glass and fill it up half glass
2) Now learn this strange HACK
and you'll be 1-2 lbs lighter in the morning!