BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Tipe-tipe
pekerjaan saat ini sangat bervariasi dalam hal ruang lingkup dan ukuran dan
mungkin akan memiliki beberapa praktik yang unik pada pekerjaan itu. Misalnya,
sebuah organisasi yang umum adalah organisasi akademik yaitu universitas.
Terdapat beberapa ritual dalam perguruan tinggi, seperti orientasi mahasiswa
baru, pestafrat ernit y(perkumpulan khusus mahasiswa di perguruan tinggi
sertasorority(perkumpulan khusus mahasiswi), serta makanan kantin. Praktik-praktik
seperti bimbingan dan magang juga memberi ciri kebanyakan institusi di
perguruan tinggi.
Jelaslah bahwa
inti dari kehidupan pekerjaan ditemukan di dalam budayanya. Dalam hal ini,
budaya tidak mengacu pada keanekaragaman ras, etnis, dan latar belakang
individu. Melainkan budaya adalah suatu cara hidup di dalam sebuah pekerjaan.
Budaya kerja mencakup iklim atau atmosfer emosional dan psikologis. Hal ini
mungkin mencakup semangat kerja karyawan, sikap, dan tingkat produktivitas.
Budaya kerja juga mencakup simbol (tindakan, rutinitas, percakapan, dst.) dan
makna-makna yang dilekatkan orang pada simbol- simbol ini. Makna dan pemahaman
budaya dicapai melalui interaksi yang terjadi antar karyawan dan pihak
manajemen.
B. Rumusan Masalah
Rumusan
masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1.
Apakah pengertian dari
budaya Kerja?
2.
Apa
model-model Budaya Kerja ?
3.
Apa
faktor-faktor yang mempengaruhi budaya kerja ?
4.
Bagaimana membangun etika yang baik ditempat kerja
?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Budaya Kerja
Budaya Kerja
adalah suatu falsafah dengan didasari pandangan hidup sebagai nilai-nilai yang
menjadi sifat, kebiasaan dan juga pendorong yang dibudayakan dalam suatu
kelompok dan tercermin dalam sikap menjadi perilaku, cita-cita, pendapat,
pandangan serta tindakan yang terwujud sebagai kerja. Tujuan Atau Manfaat
Budaya KerjaBudaya kerja memiliki tujuan untuk mengubah sikap dan juga perilaku
SDM yang ada agar dapat meningkatkan produktivitas kerja untuk menghadapi
berbagai tantangan di masa yang akan datang.Manfaat dari penerapan Budaya Kerja
yang baik :
1.
meningkatkan jiwa
gotong royong
2.
meningkatkan
kebersamaan
3.
saling terbuka satu
sama lain
4.
meningkatkan jiwa
kekeluargaan
5.
meningkatkan rasa
kekeluargaan
6.
membangun komunikasi
yang lebih baik
7.
meningkatkan produktivitas
kerja
8.
tanggap dengan
perkembangan dunia luar, dll.
Jadi bila kata Budaya dan Kerja digabungkan memiliki
pengertian yaitu nilai-nilai sosial atau suatu keseluruhan pola perilaku yang
berkaitan dengan akal dan budi manusia dalam melakukan suatu pekerjaan. Jadi setiap individu
yang bekerja harus memiliki budaya kerja yang baik. Budaya yang kerja yang baik
sangat diperluukan agar menjadi pekerja yang berbudi pekerti dan mengerti
nilai-nilai yang dijalaninya. Dan tidak membawa individu kepada penyimpangan.
Jadi itulah perlunya kita memahami budaya kerja yang baik.
Budaya kerja sangat penting dalam dunia pekerjaan
untuk meningkatkan kualitas pekerjaan seseorang dan dapat mengerti nilai-nilai
yang terkandung dalam budaya kerja tersebut. Sehingga individu ini dapat
menjadi karyawan atau pekerja yang baik dan bermanfaat bagi perusahaan yang
mempekerjakannya.
Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan untuk
memberikan pengetahuan kepada para pekerja atau karyawannya tentang budaya
kerja. Karena selain memberikan dan menambah wawasan untuk para karyawannya
perusahaan juga dapat meningkatkan kualitas produksi yang dihasilkan oleh
perusahaan dan berdampak positif bagi perusahaan. Karena dengan diberikan
penyuluhan tentang budaya kerja para pekerja atau karyawan akan menambahkan
rasa semangat untuk bekerja, menimbulkan rasa disiplin atas pekerjaanya dan
akan menggugah rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh
seorang pekerja atau karyawan.
B. Model-model Budaya Kerja
Berikut adalah
contoh-contoh model budaya kerja berdasarkan Kajian-kajian yang dilakukan
mengenai budaya kerja organisasi telah menampilkan beberapa model tertentu
yaitu budaya autoritarian, budaya birokratik, budaya tugas, budaya
individualistik, budaya tawar- menawar dan budaya kolektiviti.
1.
Budaya Kerja
Autoritarian Budaya kerja jenis ini menumpukan kepada ‘command and control’.
Kuasa dan autoriti dalam organisasi biasanya terpusat kepada pemimpinnya yang
seringkali disanjung sebagai , hero’ .Pekerja akan diharapkan untuk
memperlihatkan kesetiaan yang tinggi kepada pemimpin.
2.
Budaya Kerja Birokratik
Budaya kerja birokratik ini berasaskan kepada konsep bahawa organisasi boleh
diurus dengan cekap menerusi kaedah pengurusan bersifat impersonal, rasional,
autoriti dan formaliti. Impersonal bermaksud setiap pekerja tertakluk kepada
peraturan dan prosedur yang sama dan harus menerima layanan yang sama.
Peraturan dan prosedur tersebut adalah dilaksanakan secara formal untuk
mengingatkan pekerja akan etika dan keperluan yang dikehendaki daripada mereka.
Jawatan dalam organisasi adalah disusun mengikut hierarki supaya tanggungjawab, penyeliaan, autoriti dan akauntabiliti jelas dan mudah diikuti. Manakala untuk mempastikan kelancaran dan kecekapan kerja, pengkhususan tugas dilakukan iaitu dengan memecah- mecahkan kerja menjadi lebih spesifik supaya pekerja mudah menguasai dan cekap melakukannya. Dalam masa yang sama, faktor meritokrasi digunapakai dalam organisasi iaitu pengambilan pekerja, kenaikan pangkat dan pemberian ganjaran diberi berdasarkan kebolehan dan prestasi kerja masing-masing.
Jawatan dalam organisasi adalah disusun mengikut hierarki supaya tanggungjawab, penyeliaan, autoriti dan akauntabiliti jelas dan mudah diikuti. Manakala untuk mempastikan kelancaran dan kecekapan kerja, pengkhususan tugas dilakukan iaitu dengan memecah- mecahkan kerja menjadi lebih spesifik supaya pekerja mudah menguasai dan cekap melakukannya. Dalam masa yang sama, faktor meritokrasi digunapakai dalam organisasi iaitu pengambilan pekerja, kenaikan pangkat dan pemberian ganjaran diberi berdasarkan kebolehan dan prestasi kerja masing-masing.
3.
Budaya Kerja Fungsional
Organisasi-organisasi kerja yang berjaya di Barat sering mengamalkan budaya
kerja fungsional atau ‘project-based’ ini. Dalam konsep fungsional, kerja dalam
organisasi dibagi dan ditugaskan kepada individu atau pasukan tertentu. Projek
yang paling penting akan diserahkan kepada pekerja atau sekumpulan pekerja yang
paling berkemampuan. Apabila projek tersebut selesai, maka tugas individu atau
kumpulan akan selesai dan kumpulan baru pula akan dibentuk bagi melaksanakan
projek yang lain. Oleh
itu, struktur kumpulan adalah fleksibel dan interaksi adalah berasaskan
kemahiran dan hormat-menghormati. Keputusan akan diperolehi selepas
perbincangan, perundingan dan persetujuan para anggota projek. Oleh itu
kejayaan dinilai berasaskan kebolehan menyempurnakan projek yang memuaskan
pelanggan. Bekerja secara bersama bagi menjayakan sesuatu projek ini membentuk
solidariti pekerja dan mendorong penyesuaian antara personaliti yang berbeza
kerana mereka sama-sama bertanggungjawab kepada kejayaan organisasi.
4.
Budaya Kerja
Individualistik Dalam organisasi yang mengamalkan budaya kerja ini, individu
tertentu menjadi tumpuan utama. Terdapat universiti yang bergantung kepada
profesor ternama untuk menarik pelajar dan mendapatkan tajaan. Begitu juga
firma konsultansi atau guaman biasanya bergantung penuh kepada individu
(konsultan atau peguam) tertentu yang popular bagi menarik pelanggan. Dalam
organisasi seperti ini segelintir kecil pekerja adalah tulang belakang kejayaan
syarikat kerana mereka mempunyai reputasi, kredibiliti, kepandaian dan
keterampilan. Kebolehan mendapatkan pelanggan seringkali menyebabkan mereka
kurang terikat kepada peraturan dan prosedur. Kenaikan pangkat sepenuhnya
bergantung kepada meritokrasi kerana setiap orang perlu membuktikan bahawa
mereka memberi sumbangan yang lebih daripada orang lain kepada organisasi.
5.
Budaya Kerja Tawar
Menawar Dalam organisasi jenis ini, kesatuan pekerja diiktiraf sebagai bagian
utama dalam organisasi. Kesatuan sekerja berfungsi untuk menjaga kepentingan
pekerja dan membantu pengurusan mencapai matlamat organisasi. Perundingan dan
tawar menawar berlangsung berdasarkan perundangan dan prosedur yang diakui oleh
kedua-dua belah pihak. Meskipun pertikaian dan pertentangan pendapat kadangkala
berlaku antara kesatuan sekerja dan majikan, tetapi ia sering dapat
diselesaikan di meja rundingan. Dari satu segi pihak pengurusan boleh mendapat
pandangan wakil kesatuan sekerja bagi melaksanakan peraturan, sistem dan
ganjaran. Manakala kesatuan sekerja akan mempastikan hak, kepentingan dan
kebajikan pekerja diberi jaminan. Secara keseluruhannya pendekatan ini yang
berkonsepkan hubungan rapat majikan pekerja bertujuan untuk mewujudkan situasi
menang-menang antara kedua belah pihak.
6.
Budaya Kerja Kolektif
Dikatakan bahawa antara kunci kejayaan organisasi Jepun adalah kebolehan mereka
untuk menggunakan idea dan cadangan pekerja bawahan. Ini karena pekerja adalah
‘pemilik proses kerja’ dan mereka lebih mengetahui tentang sistem dan tatacara
melaksanakan kerja berbanding orang lain. Dengan itu pekerja diberi peluang
untuk mengemukakan cadangan dan kreativitas bagi memperbaiki proses kerja,
sistem dan prosedur. Dalam
budaya kerja ada hal lain yang berkaitan dengan budaya kerja. Yaitu Etos kerja
yang dapat diartikan sebagai konsep tentang kerja atau paradigma kerja
yang diyakini oleh seseorang atau sekelompok orang sebagai baik dan benar yang
diwujudnyatakan melalui perilaku kerja mereka secara khas (Sinamo, 2003,2).
Etos
kerja berhubungan dengan beberapa hal penting seperti:
a.
Orientasi ke masa
depan, yaitu segala sesuatu direncanakan dengan baik, baik waktu, kondisi untuk
ke depan agar lebih baik dari kemarin.
b.
Menghargai waktu dengan
adanya disiplin waktu merupakan hal yang sangat penting guna efesien dan efektivitas
bekerja.
c.
Tanggung jawab, yaitu
memberikan asumsi bahwa pekerjaan yang dilakukan merupakan sesuatu yang harus
dikerjakan dengan ketekunan dan kesungguhan.
d.
Hemat dan sederhana,
yaitu sesuatu yang berbeda dengan hidup boros, sehingga bagaimana pengeluaran
itu bermanfaat untuk kedepan.
e.
Persaingan sehat, yaitu
dengan memacu diri agar pekerjaan yang dilakukan tidak mudah patah semangat dan
menambah kreativitas diri.
Aspek
Kecerdasan yang Perlu Dibina dalam Diri, untuk Meningkatkan Etos Kerja :
a.
Kesadaran : keadaan
mengerti akan pekerjaanya.
b.
Semangat : keinginan
untuk bekerja.
c.
Kemauan : apa yang
diinginkan atau keinginan, kehendak dalam bekerja.
d.
Komitmen : perjanjian
untuk melaksanakan pekerjaan (janji dalam bekerja).
e.
Inisiatif : usaha
mula-mula, prakarsa dalam bekerja.
f.
Produktif : banyak
menghasilkan sesuatu bagi perusahaan.
g.
Peningkatan : proses,
cara atau perbuatan meningkatkan usaha, kegiatan dan sebagainya dalam bekerja.
h.
Wawasan : konsepsi atau
cara pandang tentang bekerja.(Siregar, 2000, p.24)
Cara-cara menumbuhkan
etos kerja kepada individu yaitu, sebagai berikut :
a.
Menumbuhkan sikap
optimis :
·
Mengembangkan semangat
dalam diri
·
Peliharalah sikap
optimis yang telah dipunyai
·
Motivasi diri untuk
bekerja lebih maju
b.
Jadilah diri anda
sendiri :
·
Lepaskan impian
·
Raihlah cita-cita yang
anda harapkan
c.
Keberanian untuk
memulai :
·
Jangan buang waktu
dengan bermimpi
·
Jangan takut untuk
gagal
·
Merubah kegagalan
menjadi sukses
d.
Kerja dan waktu :
·
Menghargai waktu (tidak
akan pernah ada ulangan waktu)
·
Jangan cepat merasa
puas
e.
Kosentrasikan diri pada
pekerjaan :
·
Latihan berkonsentrasi
·
Perlunya beristirahat
f.
Bekerja adalah sebuah
panggilan Tuhan
Budaya Kerja Menurut kamus Webster, budaya adalah
ide, adat, keahlian, seni, dan lain-lain yang diberikan oleh manusia dalam
waktu tertentu. Budaya menyangkut moral, sosial, norma-norma perilaku yang
mendasarkan pada kepercayaan, kemampuan dan prioritas anggota organisasi.
Budaya kerja merupakan sistem nilai, persepsi,
perilaku dan keyakinan yang dianut oleh tiap individu karyawan dan kelompok
karyawan tentang makna kerja dan refleksinya dalam kegiatan mencapai tujuan
organsiasi dan individual. Budaya
kerja penting dikembangkan karena dampak positifnya terhadap pencapaian
perubahan berkelanjutan ditempat kerja termasuk peningkatan produktivitas (
kinerja).
Budaya kerja diturunkan dari budaya organisasi.
Budaya Organisasi itu sendiri merupakan sistem nilai yang mengandung
cita-cita organisasi sebagai sistem internal dan sistem eksternal sosial. Hal
itu tercermin dari isi visi, misi, dan tujuan organisasi. Dengan kata lain,
seharusnya setiap organisasi memiliki identitas budaya tertentu dalam
organisasinya. Dalam perusahaan dikenal sebagai budaya korporat dimana
didalamnya terdapat budaya kerja.
Kekuatan yang paling kuat mempengaruhi budaya kerja
adalah kepercayaan dan juga sikap para pegawai. Budaya kerja dapat positif,
namun dapat juga negatif. Budaya kerja yang bersifat positif dapat meningkatkan
produktifitas kerja, sebaliknya yang bersifat negatif akan merintangi perilaku,
menghambat efektivitas perorangan maupun kelompok dalam organisasi.
Aktualisasi budaya kerja produktif sebagai ukuran
sistem nilai mengandung komponen-komponen yang dimiliki seorang karyawan, yakni
:
1.
Pemahaman substansi
dsar tentang makna bekerja
2.
Sikap terhadap pekrjaan
dan lingkungan pekerjaan
3.
Perilaku ketika bekerja
4.
Etos Kerja
5.
Sikap terhadap waktu
6.
Cara atau alat yang
digunakan untuk bekerja.
Semakin positif nilai komponen-komponen budaya
tersebut dimiliki oleh seseorang karyawan, maka akan semakin tinggi kinerjanya.
Ceteris paribus. Agar budaya kerja dapat tumbuh berkembang dengan subur
dikalangan karyawan dan staf, maka dibutuhkan pendekatan-pendekatan melalui
tindakan manajemen puncak dan proses sosialisasi.
C. Faktor
– faktor yang mempengaruhi Budaya Kerja
Menurut pendapat para ahli, faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi budaya kerja adalah sebagai berikut :
1.
Perilaku pemimpin
Tindakan nyata dari seorang
pemimpin biasanya akan menjadi cermin penting bagi para pegawai.
2.
Seleksi para pekerja
Dengan menempatkan pegawai yang
tepat dalam kedudukan yang tepat, akan menumbuh kembangkan rasa
memiliki dari para pegawai.
3.
Budaya Organisasi
Setiap organisasi memiliki budaya
kerja yang dibangun sejak lama.
4.
Budaya Luar
Didalam suatu organisasi, budaya
dapat dikatakan lebih dipengaruhi oleh komunitas budaya luar yang
mengelilinginya.
5.
Menyusun misi
perusahaan dengan jelas
Dengan memahami misi organisasi
secara jelas maka akan diketahui secara utuh dan jelas sesuatu pekejaan yang
seharusnya dilakukan oleh para pegawai.
6.
Mengedepankan misi
perusahaan
Jika tujuan suatu organisasi sudah
ditetapkan, setiap pemimpin harus dapat memastikan bahwa misi tersebut harus
berjalan.
7.
Keteladanan pemimpin
Pemimpin harus dapat memberi contoh
budaya semangat kerja kepada para bawahannya
8.
Proses pembelajaran.
Pembelajaran pegawai harus tetap
berlanjut. Untuk menghasilkan budaya kerja yang sesuai, para pegawai membutuhkan
pengembangan keahlian dan pengetahuan.
9.
Motivasi
Pekerja membutuhkan dorongan untuk turut
memecahkan masalah organisasi lebih inovatif.
Dengan demikian pemimpin dapat mengembangkan budaya
kerja yang adil melalui peningkatan daya pikir pegawai dalam memecahkan masalah
ayng ada secara efektif dan efisien. Selanjutnya yang dimaksud budaya kerja
dalam penelitian ini adalah kondisi dan iklim kerja yang diciptakan oleh
pimpinan dan diberlakukan dalam organisasi untuk dijadikan pedoman sikap dan
perilaku pegawai dalam melaksanakan tugas.
Jadi dalam
rangka mengaktualisasikan budaya kerja sebagai ukuran sistem nilai dalam bekrja
yang pertama kali harus diupayakan adalah penanaman dalam sikap mental karyawan
yang meliputi pemahaman dan pelaksanaan dalam sikap dan pelaksanaan
pekerjaannya sehari-hari.
Selain itu
perilaku pemimpin merupakan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan budaya kerja
dalam suatu organisasi. Dalam hal ini diperlukan keteladanan sikap untuk dapat
dijadikan contoh dan panutan oleh semua karyawan, juga kebijakan dalam
menentukan arah, tujuan serta visi dan misi suatu organisasi yang akan juga
dijadikan landasan dalam pelaksanaan budaya kerja.
D. Cara Membangun Etika Yang Baik Di Tempat Kerja
Mendatangi meja
atau ruangan kerja teman untuk berdiskusi atau sekadar berbincang-bincang
adalah salah satu etika yang baik dilakukan dalam lingkungan kantor.
Bersosialisasi dengan kolega di kantor dapat menumbuhkan rasa keakraban dan
kedekatan satu sama lain.Meski merasa akrab, tidak semua hal dapat Anda
ceritakan kepada teman-teman di tempat kerja. Memberikan informasi yang
berlebihan tentang diri Anda dapat menyebabkan gosip, salah-salah akan membahayakan
karir Anda jika hal itu sampai terdengar atasan.Terlalu dekat dengan rekan
kerja atau bahkan atasan tidak cukup baik untuk dilakukan. Lantas, apa yang
sebaiknya dilakukan? Berikut cara membangun etika yang baik di tempat kerja:
1.
Berkomunikasi dengan
Kolega Saat
ini, sudah banyak sekali perusahaan atau individu yang berinvestasi di suatu
perusahaan tertentu. Hal tersebut sangat memungkinkan Anda untuk bertemu dengan
banyak kolega setiap harinya.Salah satu cara membangun etika yang baik adalah
dengan berkomunikasi dengan kolega. Bukalah percakapan dengan sapaan yang ramah
dan berbicaralah dengan tema yang umum. Jika ia melakukan sesuatu yang luar
biasa, Anda dapat memberinya pujian sesekali dan jangan berlebihan.Hindari
percakapan yang menyinggung perasaan, melecehkan dan menggoda rekan kerja
lainnya. Hal tersebut bukan saja akan dapat menghambat budaya kerja dan
menciptakan ketegangan, tetapi juga permusuhan di dalam kantor.
2.
Pakaian Mencerminkan
Kepribadian, Kepribadian
merupakan kesan yang ditimbulkan, dan sikap tercermin dari pakaian yang Anda
kenakan saat pergi ke kantor. Wanita yang mengenakan pakaian terbuka tentu saja
akan mengundang perhatian dan mendapat komentar yang tidak perlu. Sementara,
pakaian dan sepatu yang sesuai dengan lingkungan kerja akan membuat Anda
terlihat elegan dan dihormati. Maka,
pastikan Anda bersikap sebagaimana ingin dihormati di tempat kerja. Berjalan
dengan tegap dan percaya diri adalah hal yang harus Anda lakukan. Ingat, berhati-hatilah
dengan penampilan.
3.
Menjaga Sikap Pastikan Anda tidak
sedang sakit pada setiap acara kantor atau ketika berada di tempat kerja.
Hal-hal sederhana seperti menghadiri pertemuan, mematikan atau membuat nada
silent saat bekerja, mengatur nada dering dengan volume yang cukup adalah etika
yang baik saat di kantor.Hal-hal lain seperti berkonsentrasi pada pekerjaan
Anda sendiri, tidak mengintip ke layar komputer rekan kerja, merupakan sikap
umum yang juga dapat dipraktekan. Anda tidak perlu menjelaskan panjang lebar tentang
siapa Anda, jika ada hal-hal yang harus diketahui rekan kerja Anda,
sampaikanlah dengan jelas dan tanpa bertele-tele. Berusahalah bersikap
diplomatis.Terakhir namun tidak kalah penting, jangan biarkan sesuatu atau
seseorang menghambat kinerja Anda. Kinerja yang dibentuk dari sopan santun dan
perilaku yang baik akan memberikan nilai positif
4.
Hormati privasi kolega.
Sangat tidak etis untuk mengintip email rekan kerja Anda. Aturan yang sama juga
berlaku pada ponsel yang berdering. Anda tidak perlu tahu siapa yang menelepon
kolega Anda.
5.
Adab,
Ketika bergabung dengan rekan kerja untuk makan
siang, ingatlah untuk meletakkan segala sesuatu kembali di tempatnya
masing-masing. Tariklah kursi tanpa mengeluarkan suara. Selain itu, pastikan
Anda berdiri ketika kolega datang, dan duduk kembali ketika mereka telah duduk
di kursinya masing-masing.
6.
Jika meminjam alat
tulis, atau barang kantor dari seorang rekan, pastikan Anda mengembalikannya
setelah selesai digunakan. Termasuk ketika meminjam uang. tidak semua orang suka
untuk menagih, maka bayarlah hutang Anda secepatnya.
7.
Pastikan Anda
menghormati pekerjaan rekan kerja Anda. Jika tidak melakukan pekerjaan
tertentu, pastikan tidak mengambil alih pekerjaannya, dan sebaliknya.
Membangun adalah setiap kegiatan mendirikan, membongkar, memperbaharui, merubah, mengganti seluruh atau sebagian, memperluas bangunan atau bangun bangunan.
Membangun adalah setiap kegiatan mendirikan, membongkar, memperbaharui, merubah, mengganti seluruh atau sebagian, memperluas bangunan atau bangun bangunan.
BAB III
KESIMPULAN
A.
Kesimpulan
Jadi bila kata
Budaya dan Kerja digabungkan memiliki pengertian yaitu nilai-nilai sosial atau
suatu keseluruhan pola perilaku yang berkaitan dengan akal dan budi manusia
dalam melakukan suatu pekerjaan. Jadi
setiap individu yang bekerja harus memiliki budaya kerja yang baik. Budaya yang
kerja yang baik sangat diperluukan agar menjadi pekerja yang berbudi pekerti
dan mengerti nilai-nilai yang dijalaninya. Dan tidak membawa individu kepada
penyimpangan. Jadi itulah perlunya kita memahami budaya kerja yang baik.
Budaya kerja sangat penting dalam dunia pekerjaan
untuk meningkatkan kualitas pekerjaan seseorang dan dapat mengerti nilai-nilai
yang terkandung dalam budaya kerja tersebut. Sehingga individu ini dapat
menjadi karyawan atau pekerja yang baik dan bermanfaat bagi perusahaan yang
mempekerjakannya.
penting bagi perusahaan
untuk memberikan pengetahuan kepada para pekerja atau karyawannya tentang
budaya kerja. Karena selain memberikan dan menambah wawasan untuk para
karyawannya perusahaan juga dapat meningkatkan kualitas produksi yang
dihasilkan oleh perusahaan dan berdampak positif bagi perusahaan. Karena dengan
diberikan penyuluhan tentang budaya kerja para pekerja atau karyawan akan
menambahkan rasa semangat untuk bekerja, menimbulkan rasa disiplin atas
pekerjaanya dan akan menggugah rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan yang
dilakukan oleh seorang pekerja atau karyawan.
0 Comments